12 Kiat Jitu Hemat Listrik !!!

Peribahasa sederhana pun dengan jelas menggambarkan manfaat berhemat secara materi: seseorang yang pangkal perilakunya hemat, akan berujung kaya. Kata-kata lawas itu diperbarui PLN dengan slogan 'hemat energi, hemat biaya.' Sikap hemat itu adalah sesuatu yang konstruktif. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, "Tak akan menyesal orang yang berhemat." (hadis riwayat Bukhari-Muslim). Cara untuk berhemat itu antara lain:

[12 Kiat Jitu Hemat Listrik]

12 Kiat Jitu Hemat Listrik

1. Matikan lampu, AC, kipas angin, TV, radio-tape bila tak dibutuhkan.

2. Gunakan peralatan listrik hemat energi

3. Gunakan bak penampung air, sehingga pompa air tak selalu dinyalakan saat butuh air.

4. Kumpulkan pakaian kotor sesuai kapasitas mesin cuci dan cuci sekaligus. Misalnya, kapasitas mesin cuci adalah 8 kg, jangan cuci pakaian kalau hanya 4 kg. Sebab energi listrik yang dikeluarkan untuk mencuci 1x4 = 1x8.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwRvebF0zZFIb82e5EyjIHjr2K7fpfkTPQO2boM2IPEuWluRwUY0AU4FRU8p08Drrvp35GxH5K2Y9WhqdVGyrbtITCKUnkRdCmkJ_iK3MQtQTo4rsIO6Bd7kjc7Zb9q8Prgkjm2Oi2TIEx/s320/matikan-lampu.jpg



5. Tutup rapat pintu lemari es, karena kebocoran lewat celah pintu mengakibatkan motor berputar semakin kencang dan membutuhkan tenaga lebih besar yang tentu butuh energi listrik lebih besar pula.

6. Jangan mengisi lemari es terlalu sesak karena akan membuat sirkulasi udara berkurang. Akibatnya, kompresor harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu udara.

7. Hindari memasukkan makanan atau air yang masih panas langsung ke dalam kulkas. Biarkan Makanan itu menjadi dingin dulu di luar. Baru masukkan ke dalam kulkas atau freezer.

8. Lepaskan setrika listrik dari stop kontak bila sudah tidak dipergunakan. Karena menyalakan listrik 450 watt, misalnya, sama dengan menyalakan lebih dari sepuluh buah lampu neon secara serempak.

9. Nyalakan pemanas air (water heater) Anda selama 20 menit sebelum air panas diperlukan. Lalu matikan.

10. Lumasi secara teratur bantalan poros atau as dan gigi transmisi motor-motor listrik.

11. Pelihara seluruh peralatan listrik sesuai dengan anjuran pabrik.

12. Kurangi penggunaan peralatan listrik di jam penggunaan listrik mencapai beban puncak (pukul 18.00 -22.00).





Sumber :http://blogginmum.blogspot.com/2013/08/12-kiat-jitu-hemat-listrik.html
MAU CEWEK YANG LEBIH HOT